BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Saturday, November 7, 2009

DESAIN JARINGAN

Desain JaringanThis is a featured page

Setelah mengetahui perangkat pendukung untuk membangun sebuah jaringan komputer, maka langkah selanjutnya adalah mendesain jaringan sesuai yang kita perlukan. Berikut adalah langkah-langkah membangun jaringan komputer peer to peer :
1. Langkah 1
Langkah awal dalam membangun jaringan komputer adalah menyiapkan media transmisi dengan kabel UTP
a. Peralatan
1. Sediakan dua (2) buah PC (minimal)
2. Kabel UTP dengan panjang maksimal 100 meter per titik komputer
3. Konektor RJ 45
4. Tang (crimping tools) digunakan untuk penyambungan kabel
5. Kabel tester
6. cutter untuk mengupas pelindung kabel
b. Langkah kerja
1. Kupas masing-masing pelindung ujung kabel agar kabel-kabel kecil yang ada di dalam pelindung terbuka
2. Masukkan ujung-ujung kabel ke konektor RJ-45
Jika anda ingin menggunakan jaringan tipe “Straight” maka urutan warna kabel antara ujung 1 dan ujung 2 adalah sebagai berikut :
Desain Jaringan - TIK SMA N 50 Sedangkan jika anda ingin membuat jaringan dengan tipe Jaringan Cross, maka urutan kabel di ujung A
straight2Sedangkan urutan kabel ujung B :

cross 3. Gunakan krimping tools untuk mengunci ujung kabel RJ-45
2. Langkah 2
Jika kabel telah selesai dipasang sesuai urutan warna, dan proses krimping juga telah dilakakukan, silakan anda tes koneksi ke-dua ujung kabel tersebut dengan Kabel tester. Langkah selanjutnya, silakan anda pasangkan / sambungkan kabel tersebut ke 2 PC yang telah di sediakan. Untuk setting IP Address, caranya : klik kanan pada Shortcut “My Network Place” -> Properties -> klik Internet Protocol (TCP/IP) -> Properties. Masukkan IP ,sebagai contoh untuk PC 1 : 192.168.1.2 sedangkan untuk PC 2 : 192.168.1.3 Untuk subnetmask nya biarkan dalam keadaan default : 255.255.255.0. Jika proses pemberian IP telah selesai, baiknya anda melakukan restart komputer, agar koneksi kedua PC dapat resolve dengan baik. Untuk test apakah kedua PC sudah tersambung atau belum, anda bisa melakukan PING dari command promt. “C:/Ping 192.168.1.2″ -> dari PC 2 “C:/Ping 192.168.1.3″ -> dari PC 1 Indikator jika jaringan telah terhubung, adalah : Reply from….. Namun jika belum terhubung, indikatornya adalah : Request time out…(dan silakan anda melakukan pengecekan terhadap langkah2 sebelumnya)

0 comments: