BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Saturday, November 7, 2009

PENGERTIAN INTERNET

INTERNET

A. Pengertian Internet

Ø Interconnected Network - atau yang lebih populer dengan sebutan Internet - adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung - secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 192 168 1 12 . Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.
Ø Bila anda mempunyai Komputer minimal prosessor 486, Windows 95, Modem, dan line telepon, maka anda telah bisa bergabung dengan ribuan juta komputer lain dari seluruh dunia dan mengakses harta karun informasi di internet.
Ø Mungkin agak sulit dipercaya bahwa cikal bakal Internet sesungguhnya diawali dari Unisovyet, ketika pada tahun 1957 mereka meluncurkan sebuah satelit bernama Sputnik. Peluncuran Sputnik ini dirasakan sebagai “ancaman” oleh musuh besar mereka, yaitu Amerika Serikat.Presiden Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap sebagai negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA bernaung di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Department of Defense (DoD). Pada tahun 1969, DoD memberi tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang tidak dapat disabot oleh musuh mereka. Jaringan komunikasi yang diciptakan ini disebut ARPAnet. Pada awalnya, ARPAnet hanya menghubungkan empat buah situs saja, yaitu :
  • · Stanford Research Institute (SRI)
  • · University of California at Santa Barbara (UCSB)
  • · University of California at Los Angeles (UCLA)
  • · University of Utah
Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Stanford University menghasilkan sebuah protokol yang disebut TCP/IP. Protokol TCP/IP inilah yang berkembang terus hingga sekarang dan menjadi protokol standar dalam Internet.
Ø Prinsip Koneksi
Bagaimana sebuah computer dapat terhubung dengan internet? Satu computer dapat terhubung dengan computer lainnya jika computer tersebut berada dalam satu jaringan dengan computer lainnya. Jaringan dimulai dari yang sangat sederhana sampai ke dalam bentuk yang kompleks. Jaringan sederhana adalah hubungan satu computer dengan computer lainnya. Sedangkan jaringan yang kompleks adalah saling terhubungnya jaringan-jaringan yang sederhana. Selanjutnya bagaimana computer kamu dapat menjadi bagian dari jaringan yang kompleks yang disebut internet? Komputer kamu harus terhubung dengan salah satu computer yang telah terhubung dengan internet. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan yang disediakan perusahaan penyedia akses internet yang disebut dengan Internet Service Provider (ISP).
Ø Layanan-Layanan/istilah Internet :
1. WWW World Wide Web merupakan suatu bentuk layanan Internet yang menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang berkaitan, yang di dalamnya terdapat halaman web (web page). Untuk mengakses www digunakan protokol http (HyperText Transfer Protocol)
2. Protocol : Sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua komputer atau lebih saling berkomunikasi
3. Homepage : Tampilan awal (halaman utama) suatu website yang memuat informasi singkat tentang apa isi dari website tersebut
4. Situs : Suatu alamat di dalam sebuah web
5. Browser : Software yang digunakan untuk surfing atau browsing Internet, seperti Internet Explorer, Opera, Netscape dll
6. ISP Internet Service Provider : penyedia jasa layanan Internet, seperti Indosatnet, Wasantara, Meganet dll
7. Download : Menyalin/mengambil file atau objek dari Internet ke komputer
8. E-mail Electronic Mail: suatu layanan/fasilitas yang disediakan untuk saling berkirim surat lewat internet
9. Search Engine Mesin pencari: suatu layanan/fasilitas untuk melakukan pencarian diInternet
10. Mailing List: Suatu forum/kelompok diskusi di Internet yang dapat saling bertukar informasi
11. Chatting : Fasilitas untuk berkomunikasi antarsesama pemakai internet yang sedang aktif (online)
12. E-commerce (electronic commerce) : suatu cara berbelanja / berdagang secara online yang memanfaatkan fasilitas website yang menyediakan layanan get and deliver
13. FTP (File Transfer Protokol) : Digunakan untuk pengambilan data atau arsip dan file secara elektronik. Di internet telah tersedia fasilitas (data)/dokumen yang siap untuk diakses secara gratis.
Ø Ekstensi Address
com : Commerce, komersial
co : Company, perusahaan
org : Organization, organisasi
gov;go : Government, pemerintah
ac : Academic, akademik
edu : Education, pendidikan
mil : Military, militer
id : Indonesia
us : United State, Amerika
au : Australia
it : Italia

0 comments: